DPD IAPI BALI

Ikatan Ahli Pengadaan Indonesia

Press Release, IAPI BALI Peduli Lingkungan

2 min read

Press Release, Kintamani 26 Januari 2020

IAPI Bali Peduli Lingkungan bekerjasama dengan Pemerintah Provinsi Bali (Dinas Ketenagakerjaan dan ESDM dan Dinas Kehutanan dan Lingkungan Hidup) dan didukung oleh PERPAMSI Bali, PT. Satyaloka Tirta Amerta Bangli, UD. Hidup Tunas Mekar Buleleng melaksanakan giat tanam pohon di Hutan Pinus Gelagahlinggah, Kintamani dengan menanam 1000 bibit pohon Kayu Putih  dan Majagau serta 1000 bibit pohon Alpukat dan Nangka. Kegiatan ini diikuti lebih kurang 400 orang yang terdiri dari pengurus DPD IAPI Bali beserta keluarga (30 orang), ASN dan Non ASN Dinas Ketenagakerjaan dan ESDM Provinsi Bali (50 orang), ASN dan Non ASN Dinas Kehutanan dan Lingkungan Hidup Provinsi Bali (50 orang), PERPAMSI se Bali (100 orang), PT. Satyaloka Tirta Amerta Bangli (50 orang), IAGI Bali, Komunitas, ASN dan Non ASN Dinas Lingkungan  Hidup Kabupaten Bangli, Camat Bangli dan Masyarakat Adat Gelagahlinggah (120 orang).

Kegiatan ini merupakan wujud nyata untuk melaksanakan visi Pemerintah Provinsi Bali “Nangun Sat Kerthi Loka Bali” khususnya Wana Kertih dan sejalan pula dengan motto IAPI yaitu Pengadaan Berkelanjutan (Sustainable Procurement) ujar Ketua DPD IAPI Bali : I Nyoman Sumerta selaku Ketua Panitia Pelaksana Kegiatan.

Dilain pihak Kepala Dinas Kehutanan dan Lingkungan Hidup Provinsi Bali : I Made Teja dan Kepala Dinas Ketenagakerjaan dan ESDM Provinsi Bali : Ida Bagus Ngurah Arda, Beliau berdua sependapat untuk menjaga lingkungan di hulu yang berupa giat tanam pohon merupakan salah satu upaya untuk melakukan konservasi lingkungan dan air tanah sekaligus juga mengajak serta Badan Usaha dan Pemanfaat Air Tanah untuk bersama-sama dan berkomitmen melakukan upaya konservasi air tanah dan menjaga keberlangsungan hidup / tanam tumbuh sehingga bisa menjadi penyangga dan menyerap air ke dalam tanah.

Upaya lainnya adalah dengan melibatkan peranserta masyarakat adat, memberikan manfaat positif bagi masyarakat di kawasan hutan sekaligus mempopulerkan obyek wisata alam Hutan Pinus Gelagahlinggah, Kintamani.